Bolehkah Berburu Saat Istri Hamil ? 5 Hal Yang Harus Dipahami

Di Indonesia, ada beberapa mitos dan kepercayaan yang masih diyakini dan menjadi hal yang dianggap harus dipatuhi. Seperti, bolehkah berburu saat istri hamil? Hal ini juga termasuk salah satu hal yang diperbincangkan oleh pasangan yang akan memiliki buah hati. Kehamilan merupakan masa yang memang harus dikondisikan kesehatannya, mulai dari kondisi fisik hingga kondisi jiwa.

bolehkah berburu saat isti hamil?
Bolehkah berburu saat istri hamil?

Sementara itu hal yang berkaitan dengan mitos biasanya akan mempengaruhi psikologis kejiwaan istri yang sedang hamil. Berikut ini penjelasan penting yang berhubungan dengan mitos yang marak di masyarakat Indonesia.

Fakta Yang Perlu Dipahami soal berburu saat istri hamil

Dalam melihat berbagai kondisi apalagi tentang berbagai macam mitos yang beredar tentang kondisi istri yang sedang hamil. Kemudian suami tidak boleh melakukan beberapa hal karena pandangan tertentu. Maka, harus dipahami dengan detail seperti apa fakta sesungguhnya.

Tentang mitos jika melanggar maka bayi akan lahir cacat. Padahal kondisi fisik bayi tentu dipengaruhi kondisi kelainan sejak dalam masa kandungan. Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan adanya kejadian tak terduga. Hal ini dikarenakan adanya faktor genetik, pengaruh bahan kimia yang dikonsumsi hingga terjadi infeksi yang dialami.

Semua pengaruh yang terjadi ini tentu menimbulkan bahaya spontan kondisi medis sejak dalam kandungan. Bukan dikarenakan faktor luar yang mempengaruhinya, inilah fakta yang harus diperhatikan secara seksama.

Larangan Berburu Merupakan Kepercayaan Turun Temurun

Pengaruh dari lingkungan masyarakat yang masih kuat akan mitos. Serta adanya kepercayaan turun temurun yang tidak terbantahkan menyebabkan kondisi kejiwaan seseorang semakin tidak baik. Dengan contoh yang ada saat ini, bolehkah berburu saat istri hamil?

Maka harus dipahami dengan baik dan jelas sehingga kondisi mitos bisa dibantah dengan fakta. Kondisi ini wajar terjadi dikarenakan pada saat istri hamil, apalagi kehamilan pertama tentu menjadikan suami menjadi khawatir.

Sekaligus makin percaya akan adanya kondisi dimana mitos-mitos ini menjadi lebih bisa dilakukan dibandingkan menemukan fakta. Kenapa? Karena suami biasanya terlalu berlebihan dalam menyikapi kehamilan istri. Dan si istri juga terlalu khawatir akan kondisi bayi dalam kandungan.

Suami Tidak Boleh Membunuh Binatang Atau Menyakiti

Pernah dengar mitos tentang tidak boleh membunuh binatang atau menyakiti? Sejatinya menyakiti binatang merupakan hal yang juga dilarang agama. Apalagi membunuh secara sengaja hewan yang dibunuh, tidak hanya suami, setiap orang pun harus memperhatikan dan melakukan hal baik.

Bukan dengan cara membunuh atau menyakiti binatang secara sengaja, apalagi hewan peliharaan. Dalam cerita kepercayaan masyarakat Jawa, bahwa saat istri hamil, suami dilarang untuk membunuh dan menyakiti binatang.
Jika hal tersebut dilanggar maka akibatnya akan berpengaruh pada janin istri yang dikandung. Padahal keadaan janin hanya dipengaruhi oleh faktor yang berhubungan langsung, yaitu kondisi tubuh istri yang hamil.

Dengan melihat apakah janin dalam kondisi baik ataupun kritis. Bukan karena hal yang dilakukan oleh suami dalam tingkah lakunya, apalagi percaya mitos.

Peduli Terhadap Istri Saat Hamil

Tugas utama seorang suami adalah menenangkan hati istri yang sedang hamil. Maka saat mendengar hal bolehkah berburu saat istri hamil?. Sementara pada kenyataannya mitos yang ada di dalam masyarakat membuat panik, tentu pengaruh hal tersebut tidak baik pada kondisi psikologis istri.

Jadi sebaiknya seorang suami saat istrinya hamil, untuk menunda hobi berburunya. Sehingga bisa memberikan perhatian yang lebih kepada istrinya. Kepedulian ini juga ditunjukkan untuk tidak membuat istri panik dengan mitos yang beredar di masyarakat.

Karena mitos merupakan hal yang tidak bisa dibuktikan secara fakta, maka hindari hal tersebut. Fokuslah untuk menjaga kondisi tubuh istri yang sedang hamil dan meningkatkan kualitas hidup hingga si janin lahir ke dunia.

Gunakan Logika Dalam Memandang Sesuatu

Saat melihat bagaimana mitos semakin marak dan seperti menjadi momok tersendiri bahkan turun temurun. Maka sebaiknya gunakan logika berpikir saat memandang hal yang tidak berdasarkan fakta.

Dengan logika maka seseorang akan melakukan pola pikir logis dan masuk akal melihat suatu hal. Bagaimana hal tersebut bisa berpengaruh dan bisa dibuktikan kebenarannya sesuai dengan kenyataan. Sehingga saat mengutamakan logika dalam melihat mitos yang ada maka seorang suami tidak serta merta mempercayai adanya hal yang beredar.

Dan berpengaruh pada kondisi istri yang tidak hamil tetap merasa nyaman dan aman hingga melahirkan nantinya. Jadi, kepedulian akan logika memang penting dalam melihat mitos sebagai hal yang harus dikesampingkan.

Kondisikan Pikiran Dan Lakukan Aktivitas Yang Bermanfaat

Untuk mengatasi betapa mitos begitu mengganggu, maka cobalah untuk mengkondisikan diri sendiri terutama istri yang sedang hamil. Lakukan aktivitas yang bermanfaat dan mengkondisikan tubuh tetap sehat bugar hingga persalinan.

Pikiran yang buruk akan sangat berpengaruh pada kondisi janin. Itulah sebabnya muncul pertanyaan, bolehkah berburu saat istri hamil? Dan ada larangan yang tidak memperbolehkan.

Larangan ini menimbulkan kekhawatiran seperti katanya nanti janin cacat, tidak sempurna dan sebagainya. Padahal pengkondisian pikiran merupakan hal yang harus dilakukan, bukan dengan mempercayai mitos yang tidak terbukti. Denganmemperhatikan fakta serta meminimalisir kekhawatiran yang terjadi, maka mitos tidak bisa begitu saja dipercaya.

Gunakan waktu dan buat suasana yang lebih nyaman serta kondusif saat istri hamil. Sehingga janin yang dikandung akan tumbuh sehat dan lancar saat persalinan nantinya.
Selain itu, untuk mitos yang beredar di masyarakat memang sudah menjadi hal yang lumrah. Oleh karena itu, setiap individu harus memiliki sikap yang bijak dan berdasarkan logika yang ada menghadapi mitos. Sehingga tetap menciptakan kondisi yang aman dan terjaga berdampingan dengan mitos.

Leave a Comment

error: Content is protected !!
Open chat