• Jam Buka Toko: 09.00 s/d 20.00
  • Status Order
  • SMS/WA: 085803333177
  • Line : sengindo
  • sengindo@gmail.com
Terpopuler:

Senapan Angin PCP di Indonesia

12 August 2019 - Kategori Blog

Apa itu Senapan Angin PCP dan Bagaimana Cara Kerjanya

Senapan PCP Marauder

Senapan Angin PCP Marauder

PCP merupakan singkatan dari Pre-Charged Pneumatic , artinya senapan angin PCP menggunakan udara bertekanan tinggi yang disimpan dalam tabung yang sudah tersambung ke senapan sebagai sumber tenaganya. Udara yang digunakan adalah udara yang biasa kita hirup, bukan Oksigen murni atau jenis lainnya yang mudah terbakar yang sangat berbahaya jika digunakan.

Senapan angin PCP dapat digunakan untuk menembak beberapa kali dalam tiap kali pengisiannya. Setiap kali kita menarik picu, pemukul akan bergerak maju memukul as valve, sehingga udara bertekanan tinggi yang tersedia keluar menuju laras, ketika ada mimis di dalam laras maka mimis tersebut akan terdorong. Keluarnya udara ini akan mengurangi tekanan yang ada talam tabung penyimpanan.

Jumlah Tembakan Senapan PCP

Jumlah tembakan senapan pcp tergantung dari volume tabung penyimpanan masing masing senapan dan juga dari setelan keluar angin tiap senapan. Jadi jika dibandingkan antara senapan PCP pipa dengan OD 28 maka jumlah tembakan akan berbeda dengan senapan PCP bocap dengan volume 500cc. Tapi paling tidak bisa melakukan hingga 20-30 tembakan tiap pengisian.

Kemampuan senapan PCP untuk melakukan beberapa tembakan tiap kali pengisian membuatnya cocok untuk dipasangi megazine. Di Indonesia ada 2 standar megazine yang dikenal yaitu sistem Marauder dan Air Arms. Sistem Air Arms memiliki kelebihan dimana mimis yang di dorong masuk ke laras relatif lebih utuh dibanding tipe Marauder.  Tetapi karena megazine Marauder memiliki standar ukuran yang sama maka lama kelamaan sistem AA semakin ditinggalkan.

Metode Pengisian

Setelah dipakai menembak beberapa kali maka tekanan udara di dalam tabung penyimpanan otomatis akan berkurang, jika sudah sampai batas tertentu maka kita perlu untuk mengisinya lagi. Ada beberapa cara mengisi senapan PCP, antara lain dengan menggunakan Pompa PCP, menggunakan Tabung Scuba dan Kompressor. Kompressor yang digunakan bukan sembarang kompresor, melainkan yang mampu untuk mengisi tekanan tinggi.

Jenis-jenis Senapan PCP yang beredar di Indonesia

Senapan PCP bisa dibilang sedang naik daun di Indonesia, sehingga makin banyak produsen yang membuatnya dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Tabung penyimpanan ada yang terbuat dari pipa maupun botol kecap. Proses pembuatannya pun ada yang masih manual hingga CNC.

Beberapa diantara jenis Senapan PCP yang populer di Indonesia antara lain:

  • Senapan PCP Mouser

Merupakan jenis senapan angin PCP yang bisa dibilang paling gampang dijumpai, karena selain harganya paling terjangkau, kemampuannya juga lumayan bagus, terutama untuk masalah power. Hingga dapat digunakan untuk berburu small, medium hingga big game. Senapan Angin PCP Moser tidak menggunakan sistem magazine. Model tarikan Hammer ada dua macam yaitu model gerendel dan side lever. Pada model gerendel sebagian pengrajin membuat sistem 2 trek, yang membuat langkah hammer menjadi lebih panjang atau pendek.

  • Senapan PCP Ruger

Model Senapan PCP Luger bisa dibilang sangat mirip dengan Senapan Angin PCP Mouser, secara garis besar perbedaan bisa dibilang urusan tampilan saja.Perbedaan ada pada bentuk chamber, tabung yang lebih pendek sehingga dapat disembunyikan kedalam popor.

  • Senapan PCP Marauder

Senapan Angin PCP Marauder buatan lokal merupakan senapan PCP yang menggunakan megazine yang sama dengan Benjamin Marauder buatan Amerika. Penggunaan magazine yang standar membuat pengrajin lebih fokus untuk melakukan produksi. Varian dari Marauder sangat banyak, dari model chamber ada chamber tumpuk, monoblok dan monolite. Belum lagi dari reservoir-nya berbagai macam jenis bahan  dan ukuran pipa maupun bocap. Tetapi yang paling populer adalah Senapan PCP Marauder dengan pipa OD 38 mm.

Berbagai model Senapan PCP lokal juga menggunakan magazine Marauder seperti Wolverine, FX, Daystate dan sebagainya.

  • Senapan PCP Air Arms

Seperti Marauder Senapan PCP lokal Air Arms menggunakan megazine yang mirip dengan megazine senapan Air Arms. Tetapi karena setiap pengrajin membuat standar megazine sendiri, pengguna mengalami kesusahan jika megazine hilang atau rusak. Karena itu lama-kelamaan menjadi kurang populer, padahal pada megazine Air Arms mimis relatif lebih aman dari penyok.

  • Senapan PCP AFC

Merupakan Senapan Angin dengan power yang besar, dengan botol angin yang berposisi langsung di belakang mimis. Modelnya sangat simple, tidak macam-macam, sesuai kebutuhan berburu. Cocok digunakan untuk berburu small, medium hingga big game.

  • Senapan PCP Predator

Senapan PCP predator merupakan senapan PCP dengan sentuhan tactical, menggunakan asesoris airsoft M4. Dari hand grip, popor yang bisa maju mundur, dan tambahan rail system untuk memasang asesoris seperti bipod, laser, senter dan sebagainya. Keunggulan dari PCP Predator adalah ringkas jika dibawa dan ringan(seharusnya, jika memakai laras yg dan pipa/bocap yang ringan).

  • Senapan PCP Bocap

Bocap merupakan singkatan dari botol kecap, sebutan populer di kalangan penembak untuk botol penyimpanan yang sekilas mirip botol kecap. Biasanya Senapan Angin PCP Bocap menggunakan megazine marauder. Dengan daya tampung angin yang besar membuatnya memiliki jumlah tembakan yang banyak.

  • Senapan PCP Bullpup

Senapan Bullpup merupakan senapan yang ringkas, dengan panjang laras yang penuh tetapi secara keseluruhan senapan masih pendek. Dengan posisi picu di tengah senapan  chamber tempat masuknya mimis di belakang menempel muka jika digunakan. Kekurangan model Bullpup hanya jarak laras dan pejera/riflescope yang jauh hingga jika digunakan jarak pendek maka PoA (Point of Aim) dan POI(Point of Impact) akan berbeda cukup jauh.

Itulah beberapa hal mengenai Senapan Angin PCP, jika ada pertanyaan atau mau menambah info bisa melalui  komentar atau WhatsApp dengan klik link berikut https://wa.me/6285803333177

UA-100006461-1