• Jam Buka Toko: 09.00 s/d 20.00
  • Status Order
  • SMS/WA: 085803333177
  • Line : sengindo
  • sengindo@gmail.com
Terpopuler:

Bolehkah Berburu di Saat Istri Hamil?

25 July 2019 - Kategori Blog

Beberapa kali jika diperhatikan di beberapa group senapan angin di Facebook, beberapa calon ayah baru mempertanyakan mengenai bahayakah jika berburu saat istri sedang sedang hamil.

Pandangan ini muncul dari adat istiadat jawa yang mengatakan jika menyakiti atau membunuh hewan pada saat istri hamil dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin yang sedang dikandung, yang dapat mengakibatkan bayi lahir dalam kondisi tidak sempurna bahkan cacat.

peringatan bahaya kandunagn mimis

peringatan kandungan timbal pada kaleng mimis crosman premiere

Mengutip dari TheAsianParents, ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan cacat pada bayi dan dapat terjadi pada setiap tahap kehamilan.  Diungkap oleh dr. Yusfa Rasyid dari RS. YPK Mandiri, Menteng, bahwa secara langsung cacat pada bayi lahir karena menyakiti atau membunuh hewan pada masa istri hamil adalah mitos. Karena cacat lahir dapat muncul karena faktor genetik, gaya hidup, perilaku ibu, penggunaan obat atau bahan kimia lain, infeksi pada saat kehamilan, atau kombinasi dari faktor-faktor tersebut.

Bagaimana dengan penyabab tidak langsungnya, terutama bagi yang hobi menembak?

Sebagai orang yang memiliki hobi menembak tentu kita akrab dengan mimis, dan kita ketahui bahwa mimis mengandung Timbal. Menurut artikel dari Alodokter.com Keracunan Timbal dapat terjadi jika kita terpapar Timbal dalam jumlah kecil dalam waktu yang lama dari beberapa bulan hingga tahun.

Selain mimis, Timbal dapat ditemukan pada juga ditemukan pada kosmetik, cat rumah, baterai, maupun bensin. Namun, potensi utama keracunan Timbal berasal dari keran air atau tangki air yang terbuat dari logam.

Bahaya Timbal bagi kesehatan

Timbal masuk ke dalam tubuh melalui debu dan masuk melalui mulut, setalah masuk ke tubuh akan menyebar ke otak, ginjal dan hati. Tubuh akan menyimpan kelebihan timbal ini pada tulang dan gigi. Lama-kelamaan akan menimbulkan keracunan.

Timah Hitam berbahaya bagi orang dewasa maupun anak-anak. Anak dibawah 6 tahun lebih rentan karena kebiasaan memasukkan benda atau tangan ke mulut. Keracunan Timbal dapat mengganggu perkembangan fisik dan mental anak, bagi Ibu Hamil dapat meningkatkan resiko keguguran, kelahiran prematur, berat lahir yang lebih rendah, dan pertumbuhan bayi yang lebih lambat.

Pencegahan

Terdapat beberapa langkah pencegahan khususnya bagi yang hobi menembak antara lain,

  • Jangan masukan mimis dalam mulut atau menghirup debu dari mimis
  • Cuci tangan setelah memegang mimis
  • Lepas alas kaki sebelum masuk rumah
  • Jaga kebersihan rumah
  • Hindari penggunaan barang yang mengandung Timbal, seperti cat rumah, pipa keran.
  • Jangan letakan mimis di tempat yang dapat dijangkau anak/bayi karena dapat tertelan

Jadi, saat istri hamil sebenarnya boleh-boleh saja berburu, asal perhatian pada istri tidak berkurang.

 

 
Chat via Whatsapp

UA-100006461-1